Perjalanan Menuju MI/MTS Al-Mujahiddin Jalan Jelapat Baru Kabupaten Barito Kuala , Kalimantan Selatan

by - April 24, 2019

Aku mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi MI/MTS Al-Mujahiddin pada hari ketiga Gathering Nasional Turun Tangan . Perjalanan dari tempat kami menginap kira-kira satu jam, tidak terlalu jauh sepertinya. Kami berangkat kira-kira pukul 09.00 (agak lupa tepatnya jam berapa), dari tempat penginapan kami naik angkot (yang kebetulan sudah disewa oleh panitia) menuju dermaga. Ditengah perjalanan, ban angkot yan saya tumpangi kempes (jangan-jangan karena kelebihan muatan) perlu waktu beberapa menit untuk mengantinya. Beruntung ada teman Pak Sopir yang datang dan membantu. Setalah ban mobil siap, mari lanjutkan perjalanan. Sesampainya di dermaga Feri, kami pun menunggu kapal Feri datang. Mereka datang sekitar 15 menit sekali, dan yapp kapal feri datang (tak seperti kapal feri yang aku bayangkan). Kami pun masuk dan mencari tempat duduk, kebetulan saat itu penuh dengan penumpang. Kami harus berdesakan antar penumpang dengan sepeda motor bahkan ada hewan ternak juga. Kami pun berangkat menyusuri sungai. Deg-degan, sempat bertanya ke peserta lain apakah ada buaya disini ? (saking parnonya). Sepanjang jalan, aku memandang kapal kapal dan tongkang pengangkut batubara yang silih berganti. Dalam hati, gila ya sedalam apa ini sungai. Diantara kapal kapal dan tongkang batubara, juga banyak masyarakat sekitar yang mencari penghidupan di sungai yang sama. Mereka mandi, mencuci, mungkin air yang sama digunakan untuk memasak. Hah, bayangkan jika sungai itu tercemar oleh limbah industri perusahaan-perusahaan besar, miris. Kami sampai namun perjalanan belum selesai, kami harus berjalan menuju sekolah kira-kira 10 menit dari dermaga. Sepanjang jalan, kami disuguhkan pemandangan yang tak biasa ku lihat yaitu rumah panggung (jarang lihat soalnya) . Dan yappp kami sampai .